Nama: Gita Safitri .A.
Kelas: IEA23
NPM :14214589
Jurusan : Management
Tugas : ILMU BUDAYA DASAR
1)
Faktor apa saja yang berhubungan dengan
budaya jika dikaitkan dengan potensi Remaja ?
Jawab:
Masa
remaja adalah masa yang ditandai oleh adanya perkembangan yang pesat dari
aspek biologik,psiologik,dan juga
sosialnya.kondisi ini mengakibatkan terjadinya berbagai disharmonisasi yang
membutuhkan penyeimbangan sehingga remaja dapat mencapai taraf perkembangan
psikosial yang matang dan adekuat sesuai
dengan Tingkat usianya,,,,
Ada
juga faktor-faktor yang berkaitan dengan potensi remaja:
*Faktor
ekonomi, harta dan jabatan sudah menjadi hal yang dijadikan pokok utama
untuk kebanyakan orang dalam tujuan hidup mereka. Dalam kategori ini, remaja
cukup berhubungan dengan ekonomi. Ekonomi masing-masing remaja dibeberapa
lingkungan terkadang menjadi masalah, contoh saja pengkastaan antar kelompok
remaja.
*Faktor
keluarga, dari semua faktor yang ada, keluarga adalah awal mula sebelum
faktor lainnya terkuak. Kasih sayang, kedekatan, dan kehangatan keluarga untuk
remaja sangat berperan penting bagi psikologis mereka. Ketika seorang remaja
mempunyai keeratan yang baik, kehangatan dan mendapatkan kasih sayang yang
cukup dari keluarganya, hal tersebut dapat berpotensi baik untuknya
dilingkungan luar.
Ada juga
faktor dari dalam maupun luar ,yang meliputi:
A) FAKTOR INTERNAL
Yang
terdiri dari :
a) Fisiologis
Faktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan
kondisi fisik individu. Faktor-faktor ini dibedakan menjadi dua macam:
Pertama, keadaan tonus jasmani. Keadaan tonus jasmani pada
umumnya sangat memengaruhi aktivitas belajar seseorang. kondisi fisik yang
sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar
individu. Sebaliknya, kondisi fisik yang lemah atau sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu
keadaan tonus jasmani sangat memengaruhi proses belajar, maka perlu ada usaha
untuk menjaga kesehatan jasmani.
Kedua, keadaan fungsi jasmani/fisiologis.
Selama proses belajar berlangsung, peran fungsi fisiologis pada tubuh manusia
sangat memengaruhi hasil belajar, terutama panca indra. Panca indra yang
berfunsi dengan baik akan mempermudah aktivitas belajar dengan baik pula. dalam
proses belajar, merupakan pintu masuk bagi segala informasi yang diterima dan
ditangkap oleh manusia. Sehinga manusia dapat menangkap dunia luar. Panca indra
yang memiliki peran besar dalam aktivitas belajar adalah mata dan telinga.
b) Psikologis
Faktor–faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi
proses belajar. Beberapa faktor psikologis yang utama memengaruhi proses
belajar adalah kecerdasan siswa, motivasi, minat, sikap dan bakat.
B) FAKTOR EKSTERNAL
Yang
terdiri dari :
a ) Lingkungan
sosial
· Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi,
dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
Hubungan harmonis antara ketiganya dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar lebih
baik di sekolah. Perilaku yang simpatik dan dapat menjadi teladan
seorang guru atau administrasi dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk
belajar.
· Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan
masyarakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa. Lingkungan
siswa yang kumuh, banyak pengangguran dan anak terlantar juga dapat memengaruhi
aktivitas belajar siswa, paling tidak siswa kesulitan ketika memerlukan
teman belajar, diskusi, atau meminjam alat-alat belajar yang kebetulan belum
dimilikinya.
· Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini
sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat
orang tua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga,
semuannya dapat memberi dampak terhadap aktivitas belajar siswa. Hubungan
anatara anggota keluarga, orangtua, anak, kakak, atau adik yang harmonis akan
membantu siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik.
b) Lingkungan Non-Sosial
· Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang
segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau
tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dantenang. Lingkungan alamiah
tersebut mmerupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi aktivitas belajar
siswa. Sebaliknya, bila kondisi lingkungan alam tidak mendukung, proses belajar
siswa akan terlambat.
· Faktor instrumental,yaitu perangkat belajar
yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware,
seperti gedung sekolah, alat-alat belajar,fasilitas belajar, lapangan olah raga
dan lain sebagainya. Kedua, software, seperti kurikulum sekolah,
peraturan-peraturan sekolah, buku panduan, silabi dan lain sebagainya.
· Faktor materi
pelajaran (yang diajarkan ke siswa). Faktor ini hendaknya disesuaikan dengan
usia perkembangan siswa begitu juga dengan metode mengajar guru,
disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa.
2) Masalah Budaya yang erat kaitannya dengan Kemanusiaan ?
Jawab:
A)masalah kemanusiaan
* beberapa masalah yang pasti barkaitan dalam konteks
budaya suatu negara dan masyarakatnya :
>>Kenyataan bahwa suatu negara terdri atas berbagai budaya dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin sebagai aspek kebudayaannya.
>> Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya yang sehingga dengan sendirinya mental manusia terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembentukan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
>>Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap teknologi yang telah diciptakannya.Beberapa masalah terdiri dari:
>>Kenyataan bahwa suatu negara terdri atas berbagai budaya dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin sebagai aspek kebudayaannya.
>> Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya yang sehingga dengan sendirinya mental manusia terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembentukan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
>>Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap teknologi yang telah diciptakannya.Beberapa masalah terdiri dari:
1.
Hakikat Manusia Sama
Manusia diciptakan Tuhan sama,
mempunyai cipta, rasa, dan karsa. Sebagai makhluk budaya manusia selalu
menginginkan yang benar, baik dan bermanfaat. Sifat ini disebut manusiawi.
Sebab manusia memang diciptakan sama dan universal. Namun dalam menghadapi
lingkungan alam dan sosial budaya manusia tidak saja menunjukkan kesamaan,
tetapi juga perbedaan dan ketidak seragaman, maka dari itu manusia berupaya
untuk menciptakan kesatuan pandangan guna mencegah terjadinya hal-hal yang
tidak manusiawi.
2. Manusia
Sebagai Subjek dan Objek
Dalam mengkaji masalah kemanusiaan,
manusia menempati posisi ganda yaitu, tidak hanya sebagai subjek tetapi juga
menjadi objek. Tema masalah kemanusiaan diarahkan kepada;
- Diri manusia dengan nilai-nilai kemanusiaan
- Hubungan manusia dengan manusia,
dengan alam, dan dengan Tuhan
3.Manusia
dan Peradaban
Pada saat ini telah terjadi
peradaban secara global yang dipengaruhi oleh globalisasi.globalisasi sebagai
fenomena abad sekarang memberi implikasi yang luas bagi semua bangsa dan masyarakat
internasional.
Globalisasi memberi pengaruh dalam
berbagai kehidupan, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan
pertahanan.globalisasi dapat dilihat dari dua sisi yaitu sebagai ancaman dan
sebagai peluang.
Sebagai ancaman globalisasi membawa
permasalahan bagi bagi manusia dimana dengan globaalisasi banyak hal yang
berdampaka negatif, seperti merebaknya konsemerisme, materialisme, hedonisme,
sekularisme, kemewahan yang tidak semestinya, foya-foya, pergaulan bebas,
budaya kekerasan, pornografi, pornoaksi, dan semacamnya.pengaruh tersebut bukan
saja lewat dunia film, namu juga lewat media cetak dan televisi dengan
satelitnya, serta yang sekarang menjadi trend adalah internet.jadi peradaban
global terutama peradaban Barat, memberi dampak buruk bagi sikap dan prilaku
individu yang dalam masyarkat.
4.Manusia, nilai, moral dan Hukum
Moral adalah salah satu bagian dari
nilai, yaitu nilai moral.Moral berkaitan dengan nilai baik buruk perbuatan
manusia
Nilai moral
diwujudkan dalam norma moral.Norma moral, norma kesusilaan, atau disebut juga
norma etik adalah peraturan/kaidah hidup yang bersumber dari hati nurani dan
mrupakan perwujudan nilai-nilai moral yang mengikat manusia.Norma moral menjadi
acuan prilaku baiik buruknya manusia.prilkau yang baik adalah prilaku yang
sesuai dengan norma-norma moral.Sebaliknya, priaku buruk adalah prilkau yang
bertentangan dengan norma-norma moral.
Selain
norma moral, ada pula hukum.hukum adalah norma yang merupakan perwujudan dari
nilai, termasuk nilai moral.prilaku atau perbuatan manusia, baik secara pribadi
maupun hidup bernegara terikat pada norma moral, dan norma hukum.secara ideal
manusia seharusnya taat pada norma moral dan norma hukum yang tumbuh dan
tercipta dalam hidup sebagai upaya perwujudan kehidupan yang damai, tertib,
aman, dan sejahtera.pelanggaran norma moral merupakan pelanggaran kode etik,
pelaggran norma hukum merupakan pelanggaran hukum.
Pada dewasa
ini banyak manusia yang melakukan pelanggaran norma moral dan norma
hukum.contohnya seorang guru melanggar kode etik guru, pelanggaran hukum
seperti pencurian,perjudian, pembunuhan, pemerkosaan, korupsi dan masih banyak
lainnya.
.5.Manusia, ilmu
pengatahuan, teknologi, dan seni
Pada saat
ini perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan seni( IPTEKS) sudah sedemikian
pesatnya, bahkan telah berpengaruh baik secara lansung maupun tidak lansung
bagi kehidupan manusia, dan pengaruhnya tersebut menyangkut pola pikir, pola
kerja, pola hidup, maupun tingkah lakunya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar